FORUM KOMUNIKASI DAN KEHUMASAN SEKTOR TRANSPORTASI TAHUN 2023

Komunikasi Publik adalah komunikasi antara organisasi di Lingkungan Kementerian Perhubungan dengan masyarakat secara timbal balik dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Kementerian Perhubungan. Komunikasi adalah kegiatan penyampaian pesan timbal-balik sebagai wujud hubungan antara Kementerian Perhubungan dengan masyarakat, baik langsung maupun melalui media, Rabu (8/3/2023).

Dalam rangka meningkatkan sinergi dan membangun engagement diantara Public Relation (PR) sektor transportasi dari unsur regulator, operator, dan mitra kerja  agar bersama-sama dapat menyelaraskan narasi dan berkolaborasi dalam menyampaikan  pesan/narasi positif kepada public dalam upaya membentuk citra dan reputasi positif sektor transportasi, Biro Komunikasi dan Informasi  Publik Kementerian Perhubungan  sehingga Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan menyelenggarakan kegiatan  “Forum Komunikasi Kehumasan Sektor Transportasi Tahun 2023 dengan tema “Excellent Strategic  Public Relations For Crisis Management”.

Sebagaimana arahan Menteri Perhubungan bahwa sebentar lagi penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2023 dan mengusung tema Mudik Aman Berkesan. Harapannya melalui tema ini masyarakat tidak hanya merasa aman, nyaman, selamat, dan sehat, namun juga mendapat perjalanan yang berkesan dan menyenangkan. Bapak Menteri Perhubungan juga berpesan insan humas transportasi bisa bekerja dengan solid untuk terus membangun kepercayaan masyarakat.

Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang SDM dan Kehumasan Ibu Adita Irawati menyampaikan beberapa arahan di antaranya lebih aware dalam menghadapi tahun politik karena sektor transportasi merupakan sektor strategis yang hasil pembangunannya langsung menyentuh masyarakat, bisa mengantisipasi potensi krisis agar tidak selalu menjadi ‘pemadam kebakaran’, berdasarkan hasil survei Kementerian Perhubungan melalui Badan Kebijakan Transportasi bekerja sama dengan Kompas serta pakar transportasi mencapai 123,8 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik. Dari hasil survei yang menunjukkan presentase perkiraan pergerakan penumpang pada setiap moda sebaiknya dapat diantisipasi dan dipersiapkan, terkait narasi Angkutan Lebaran 2023 Mudik Aman Berkesan memiliki muatan yang banyak sehingga setiap moda transportasi dapat menyesuaikan turunan narasinya masing-masing. Adapun beberapa narasumber yang diundang dalam kegiatan memberikan trik dalam membuat strategi konten dalam menghadapi krisis seperti creative mindset, membuat content planning agenda setting, membuat high quality content, dan trik dalam menggunakan media sosia, memberikan informasi kepada kita mengenai Mental Health dan apa yang harus kita lakukan untuk mengelola stress salah satunya adalah  harus  ada waktu istirahat (jauh dari alat telekomunikasi dan gangguan lain), menyampaikan bahwa tantangan public relations yaitu situasi yang tidak menentu sehingga perlu melakukan pemetaan kejadian mulai dari yang low hingga extreme untuk diidentifikasi. Karena setiap case tentu berbeda-beda penanganannya. Tidak semua case yang datang cepat juga perlu direspon dengan cepat. Semua dikelola berdasarkan feedback media, komunitas. Kegiatan lalu dilanjutkan dengan melakukan site visit ke Pelabuhan Sanur.



Leave a Reply