Kampanye Keselamatan Penerbangan di Sekolah Dasar Negeri 2 Serangan

Denpasar, 20 September 2019, Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV melaksanakan Kampanye Keselamatan Penerbangan di Sekolah Dasar Negeri 2 Serangan dengan tema “Ayo Peduli Keselamatan Penerbangan”.  Dipilihnya lokasi tersebut karena Pulau Serangan termasuk wilayah KKOP (Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Diharapkan setelah kampanye para peserta dapat memahami dan peduli terhadap keselamatan penerbangan.

Kegiatan Kampanye Keselamatan Penerbangan dimulai pada pukul 07.00 WITA yang diawali dengan tarian oleh siswi SD Negeri 2 Serangan. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan menari flash mob “Gemu Famire” yang dilakukan bersama-sama dengan siswa-siswi SD Negeri 2 Serangan. Siswa-siswi yang ikut serta dalam tarian tersebut diberikan hadiah berupa topi “Peduli Keselamatan Penerbangan”.

Pidato sambutan yang membuka secara resmi Kegiatan Kampanye Keselamatan Penerbangan disampaikan oleh Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV. Kepala Kantor menyampaikan bahwa Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pemahaman serta meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat atas pentingnya keselamatan dan keamanan penerbangan. Kepala Kantor juga menekankan pentingnya peran masyarakat dalam menjaga serta memelihara keselamatan dan keamanan penerbangan. Sebagai contoh peran masyarakat tersebut misalnya tidak bermain layang-layang, menembakkan laser ke arah langit, menerbangkan drone di Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP).

Sebelum memulai acara inti, Kepala SD Negeri 2 Serangan, Bapak I Ketut Merta memimpin doa demi lancarnya acara. Pada acara inti yang pertama, Kepala Seksi Fasilitas Bandar Udara menyampaikan materi tentang KKOP. Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan adalah wilayah daratan dan/atau perairan dan ruang udara di sekitar bandar udara yang dipergunakan untuk kegiatan operasi penerbangan dalam rangka menjamin keselamatan penerbangan. Pada KKOP tidak dibenarkan adanya bangunan atau benda tumbuh, baik yang tetap (fixed) maupun dapat berpindah (mobile), yang lebih tinggi dari batas ketinggian yang diperkenankan sesuai dengan Aerodrome Reference Code (Kode Referensi Landas Pacu) dan Runway Classification (Klasifikasi Landas Pacu) dari suatu bandar udara. KKOP dari Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali kurang lebih hingga ke Kawasan Pelabuhan Benoa Bali dan perairannya memutar rata radius 15 kilometer. Kawasan Serangan masuk dalam KKOP Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Usai pemberian materi, Narasumber memberikan pertanyaan berupa kuis yang berhadiah. Beberapa siswa-siswi berhasil menjawab dengan benar.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Inspektur Keamanan Penerbangan Bidang Avsec, yaitu tentang keamanan dan keselamatan penerbangan. Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan melakukan perjalanan dengan pesawat terbang yaitu larangan bercanda tentang bom, batasan tentang power bank, dan barang-barang berbahaya (dangerous goods). Setelah selesai pemaparan, Narasumber juga memberikan pertanyaan berupa kuis yang berhadiah. Beberapa siswa-siswi kembali berhasil menjawab dengan benar.

Acara selanjutnya berupa permainan menerbangkan pesawat kertas. Siswa/siswi yang berhasil melempar dengan jarak terjauh mendapatkan hadiah Juara I, II dan III. Selain lomba melempar pesawat kertas, ada lomba budi pekerti dan lomba mewarnai gambar pesawat. Untuk kategori lomba budi pekerti, penilaian telah dilakukan oleh Guru SD Negeri 2 Serangan. Pemandu acara (MC) menyampaikan 3 (tiga) orang pemenang Juara I, II dan III. Untuk kategori lomba mewarnai gambar pesawat udara juga telah dilakukan penilaian oleh Guru SD Negeri 2 Serangan. Pemandu acara (MC) kembali menyampaikan 3 (tiga) orang pemenang Juara I, II dan III.

Pemandu Acara meminta agar para siswa/siswi membuat pesawat udara dari kertas warna warni yang diberikan oleh Panitia. Kemudian acara ditutup dengan pelemparan pesawat udara kertas oleh siswa/siswi ke dalam lapangan tempat acara. Pelemparan pesawat udara kertas tersebut dilakukan sebagai tanda penghormatan kepada Bapak Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, Ptresiden Ke-3 Republik Indonesia, yang wafat pada tanggal 11 September 2019 lalu.



Leave a Reply