Rapat Komite Keamanan dan Komite Keselamatan Bandar Udara D.C.Saudale Rote Tahun 2024

Rapat Komite Keamanan Bandar Udara Bandar Udara D.C.Saudale Rote Tahun 2024 pada Selasa, 15 Oktober 2024 bertempat di Ruang Rapat Sasando Kantor UPBU D.C.Saudale Rote yang dibuka oleh Kepala UPBU D.C.Saudale Bapak Charles merupakan kewajiban penyelenggara bandar udara untuk melaksanakan rapat 1 (satu) kali dalam setahun sesuai amanat regulasi KM 39 Tahun 2024 tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional. Sedangkan rapat Komite Keselamatan merupakan kewajiban penyelenggara bandara udara untuk melaksanakan rapat 1 (satu) kali dalam setahun sesuai amanat dalam PM 95 tahun 2021 tentang Aerodrome dan KP 479 tahun 2015 tentang Rencana Penanggulangan Keadaan Darurat Bandar Udara.

Rapat komite ini dihadiri oleh perwakilan dari Perum LPPNPI Cabang Rote, Unit PKP-PK, Unit Avsec, PT. Timor Nisa Dirgantara, Stasiun BMKG Rote, Karantina Rote, PT. Wings Abadi, PT. ASI Pujiastuti Aviation, Kejaksaan Negeri Rote, Pengadilan Negeri Rote, BNN Rote, BIN Rote, Danpos AU Rote, Kodim Rote, TNI AL Rote, Polres Rote, SAR Kupang pos siaga Rote, BPBD Rote, PolPP Rote, RSUD Ba’a, Dinas Kesehatan Rote, Dinas Perhubungan Rote, Diskominfo Rote, PMI Rote, Inspektur Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV.

Adapun beberapa paparan yang disampaikan dalam rapat diantaranya Pemaparan dari Inspektur Keamanan Penerbangan Bidang Aviation Security terkait update regulasi keamanan penerbangan, petunjuk teknis pelaksanaan komite keamanan bandar udara, tata cara amandemen program keamanan bandar udara dan ketentuan serta tata cara pelaksanaan latihan keadaan darurat keamanan penerbangan. pemaparan dari Inspektur Keamanan Penerbangan Bidang Unit Kerja Pertololongan Kecelakaaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) terkait regulasi rencana penanggulangan keadaan darurat dan peran pemerintah daerah dalam penerbangan dan penanggulangan keadaan darurat bandara. Pemaparan oleh Kepala Unit Aviation Security terkait dokumen Program Keamanan Penerbangan ( ASP) serta tugas dan tanggung jawab Komite Keamanan Penerbangan Bandara D.C.Saudale Rote sebagaimana tertuang dalam Dokumen ASP. Pemaparan oleh personil PKP-PK terkait Dokumen Airport Emergency Program (AEP) serta tugas dan tanggung jawab Komite Penanggulangan Keadaan Darurat Bandara D.C. Saudale Rote sebagaimana tertuang dalam Dokumen AEP.
Dilanjutkan dengan Pelaksanaan Table Top Exercise Keamanan dengan skenario penyanderaan di Bandara D.C. Saudale Rote dan Table Top Exercise Keselamatan dengan skenario operasi pemadaman dan penyelamatan karena adanya aircraft crash di ujung runway 04 Bandara D.C Saudale Rote.



Leave a Reply