Bimbingan Teknis Pelaksanaan Standar Kinerja “Technical Guidance On Electrical Power Supply and Distribution System”

Kepala Bidang Pelayanan dan Pengoperasian Bandar Udara membuka kegiatan Bimbingan Teknis Pelaksanaan Standar Kinerja “Technical Guidance On Electrical Power Supply and Distribution System” yang dilaksanakan di Hotel Royal Tulip Jineng Resort dari tanggal 29 Juli sampai dengan 1 Agustus 2024. Kegiatan dilaksakan sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: PM 41 Tahun 2011 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Otoritas Bandar Udara yang memiliki tugas pokok dan fungsi untuk melaksanakan kegiatan pengendalian serta untuk meningkatkan kompetensi personel bandar udara. Dihadiri oleh teknisi listrik Badan Usaha Angkutan Udara/Unit Penyelenggara Bandar Udara Wilayah Kerja Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV, inspektur dan pengawas Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I-X, dan Seksi Pengoperasian Bandar Udara Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV, kegiatan diharapkan dapat memberikan wawasan serta pengalaman yang diperoleh dari pihak yang mempunyai kompetensi di bidang kelistrikan PT. PLN Indonesia Power MSU Area II.2 (Bali)

Adapun materi yang disampaikan diantaranya Corporate Exposure PT. PLN Indonesia Power, penjelasan PT. PLN IP merupakan sub holding PT. Perusahaan Listrik Negara yang memegang peranan strategis dalam sektor ketenagalistrikan. Kegiatan Utama PT. PLN IP adalah sebagai penyedia solusi energi yang meliputi penyediaan tenaga listrik melalui pembangkitan tenaga listrik yang tersebar di Indonesia. Asset Management, penjelasan tentang System & Equipment Reliability & Prioritization (SERA), Failure Mode & Effect Analyzer (FMEA), Root Cause Failure Analyze (RCFA), Predictive Maintenance (PDM) dan Preventive Maintenance (PM). Pengelolaan Genset dan Sistem Distribusi listrik, penjelasan tentang gambaran pengelolaan dan pengoperasian peralatan tersebut, maintenance periodic yang lebih menitikberatkan pada predictive maintenance berupa analisis vibration, boroscope, tribology dan trend analysis.

Melaksanakan site visit ke lokasi PT. PLN Indonesia Power MSU Area II.2 (Bali) di Pesanggaran, Denpasar Selatan. Disini para peserta mendapatkan visual dan penjelasan tentang pembangkit listrik (dengan bahan bakar gas dan minyak) PLTDG dengan 12 unit terpasang yang mampu menghasilkan 294 MW. Selain itu juga diberikan kesempatan untuk melihat ruang kontrol pengoperasian PLTDG, yang mengatur parameter unit, output tegangan, anomali yang terjadi serta distribusi di wilayah Bali.



Leave a Reply